Senin, 22 Juli 2013

4 Game Simulator Kota Pengganti SimCity for Android

Electronic Arts sempat bersemangat dengan perilisan SimCity for Android, sebuah game simulasi yang fenomenal. Game ini sendiri memang memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Namun sayangnya EA sempat blunder dalam menjalankan campaign marketingnya, dengan proses launching yang buruk dan menyebabkan kekecewaan dari para gamer yang menantikan game ini sehingga akhirnya ditarik dari Google Play Store.

Gameplay SimCity for Android tentu merupakan salah satu favorit gamer di seluruh dunia karena memang menyenangkan dan membuat ketagihan. Untuk versi PC, kamu bisa menemukan berbagai game alternatif serupa dengan SimCity dan begitu juga dengan SimCity for Android. Kamu bisa menemukan banyak game serupa SimCity for Android yang gratis dan berkualitas.

Paradise Island

4 Game Simulator Kota Terbaik Selain SimCity for Android
Paradise Island adalah game simulator kota paling populer diantara game lain yang ada di daftar ini. Disini, kamu bertanggungjawab untuk menjalankan sebuah resort. Dimulai hanya dengan memiliki dermaga, sebuah tempat penyambutan yang nantinya bakal kamu kembangkan menjadi tempat wisata yang menarik bagi para turis.

Mekanismenya kurang lebih sama dengan game free-to-play lainnya. Pada wilayah yang ditentukan, kamu bisa membangun berbagai bangunan yang berbeda yang masing-masing membutuhkan uang, staff dan kelistrikan. Pembuatan bangunan membutuhkan waktu. Upgrade membutuhkan waktu. Kamu akan memperoleh keuntungan secara perlahan yang nantinya bisa digunakan untuk berinvestasi. Selain itu, kamu juga akan menerima berbagai mini quest dari turis yang berkunjung ke pulau yang kamu kelola.

Gameflow terbilang sederhana dan pastinya menyenangkan untuk dimainkan di saat senggang.

Megapolis

4 Game Simulator Kota Terbaik Selain SimCity for Android
Kamu akan memulai permainan di Megapolis dengan hanya memiliki sebuah kota kecil yang nantinya dapat dikembangkan menjadi sebuah kota yang pantas disebut sebagai Megapolis. Disini, kamu akan mengurus lebih banyak detil sumber daya, seperti air, listrik, uang dsb. Game ini free-to-play dan kamu akan menerima berbagai penawaran untuk mengisi game cash menggunakan real money.

Yang paling menarik dari Megapolis adalah desain interface yang digunakan. Kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai pilihan yang dibutuhkan dan navigasi terasa sangat mudah. Informasi yang diberikan sangat jelas sehingga tidak akan membuat bingung meski kamu baru pertama kali memainkannya. Antrian notifikasi dan goal atau quest membuat kamu dapat terus memainkannya karena mengetahui apa yang harus kamu lakukan ketika bermain Megapolis.

Big Business

4 Game Simulator Kota Terbaik Selain SimCity for Android
Seperti judulnya, Big Business tidak terlalu menekankan pada gameplay city-building atau manajemen ekonominya, namun konsepnya kurang lebih sama. Disini, kamu mengelola uang dan resource dalam bentuk perdagangan. Kamu perlu membangun unit yang memproduksi barang untuk dapat dijual dan memperoleh keuntungan.

Gameplay terbilang cukup cepat dengan quest system yang bakalan terus memberikan misi atau gial untuk diselesaikan. Sama seperti 2 judul diatas, game ini free-to-play dan ad-free. Kamu bisa menikmati permainan tanpa harus mengeluarkan real money sedikitpun. Meski begitu, kamu tetap bisa menggunakan cash berupa city credit untuk mempercepat berbagai proses dalam game.

City Island

4 Game Simulator Kota Terbaik Selain SimCity for Android
City Island memiliki tema yang mirip dengan Paradise Island. Meski begitu, City Island masih memiliki berbagai kekurangan dari segi teknis dibandingkan Paradise Island. Entah kenapa, game ini terasa lag dan pergerakannya tidak sehalus Paradise Island.

Meski begitu, City Island tetap merupakan game alternatif SimCity for Android yang cukup menarik untuk dimainkan dan tentunya gratis alias free-to-play. Terdapat versi premium seharga $4.99.

Kesimpulan

Tidak ada game city-building yang sekelas dengan SimCity. Namun beberapa game alternatif diatas bisa dijadikan sebagai alternatif bagi kamu yang ingin memainkan game SimCity pada perangkat Android.
Sudahkah diantara kamu yang menjajal salah satu dari judul game diatas? Bagaimana pendapat kamu? Jangan ragu untuk share game alternatif SimCity for Android lainnya melalui kolom komentar dibawah.

Related Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer