Sabtu, 20 Juli 2013

9 Produk Teknologi Terdepan Yang Menakjubkan Tapi Gagal Bertahan

Teknologi tidak ada yang abadi selalu berganti dan berinovasi. Banyak teknologi yang dulu disanjung-sanjung karena sangat menakjubkan, akhirnya harus kandas diterjang oleh waktu. Teknologi yang menakjubkan tersebut ada diantaranya sangat populer pada masanya karena memiliki teknologi yang canggih atau banyak digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia. 
Tapi sayang perusahaan tersebut tidak mampu bertahan karena berbagai faktor, dari kurang laku dipasaran, tidak ada pengembangan dan lain sebagainya. 
Berikut 9 Teknologi Terdepan Yang Menakjubkan tapi gagal


  1. Friendster 2003. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan disebut "kakek" dari jaringan sosial. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi anggota lain, mempertahankan kontak-kontak, dan berbagi konten online. Website ini juga digunakan untuk situs kencan dan menemukan peristiwa, band, dan hobi baru. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil mereka dan jaringan mereka. Layanan ini menjadi populer di Asia Tenggara dan merupakan situs utama di dunia. Friendster tidak mati, tetapi pada tahun 2011 itu akhirnya menjadi situs game sosial yang sangat populer di Asia. 



  2. Danger Hiptop. T-Mobile Sidekick, atau yang dikenal sebagai Danger Hiptop, dirilis pada tanggal 1 Oktober 2002, Hiptop original dan unik dibandingkan dengan semua versi perangkat keras lainnya. Perangkat ini sudah menampilkan "Menu", "Kembali", "Jump" dan tombol lain yang dapat diakses bahkan ketika perangkat ini ditutup. Hiptop ini juga memiliki speaker walaupun perangkat ini tidak digunakan untuk menelepon. Dibagian tepi atas bezel telepon terdapat transceiver inframerah. Pada tanggal 2 Oktober 2009, Microsoft kehilangan kemampuan untuk mengakses data pengguna untuk pelanggan T-Mobile Amerika Serikat , Pelanggan kehilangan data termasuk kontak, catatan, kalender dan photos. Akhirnya penjualan T-Mobile Sidekick ditangguhkan. Penjualan dan aktivasi baru dilanjutkan pada tanggal 16 November 2009. 




  3. LiveJournal 1999. LiveJournal adalah kombinasi antara blog dan jejaring sosial. LiveJournal dimulai pada tanggal 15 April 1999 oleh programmer Amerika Brad Fitzpatrick sebagai cara untuk menjaga persahabatan dengan teman-teman SMA-nya dengan memperbaharui aktivitasnya. Seharusnya LiveJournal memiliki popularitas dan uang seperti Facebook atau Google sekarang. Tapi LiveJournal yang pernah menjadi raksasa era Web 2.0, karena salah langkah manajemen dan basis pengguna yang tidak banyak di internet. Di antara kesalahannya adalah penambahan iklan kontroversial di akun non-bebas.



  4. Apple Newton 1993. Platform Newton adalah personal digital assistant (PDA) yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1987. Ini merupakan pendahulu dari Smartphone modern. Proyek ini untuk menjawab tujuan awal untuk komputasi personal, dan kemudian menulis ulang pemrograman aplikasi kontemporer. Proyek Newton akhirnya menjadi korban dari sebuah proyek, karena ketakutan yang semakin meningkat bahwa hal itu akan mengganggu penjualan Macintosh. Menurut mantan CEO Apple, John Sculley, perusahaan menginvestasikan sekitar 100 juta USD untuk mengembangkan Newton, tapi ketika Steve Job kembali ke Apple sebagai CEO-nya, hal pertama yang dia lakukan adalah untuk mengikis proyek tersebut yang sudah banyak mengeluarkan uang dengan menghasilkan keuntungan. 




  5. Protokol Gopher 1991. Gopher adalah sebuah protokol lapisan aplikasi yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web. Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun-tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil ini masih menggunakan server aktifnya untuk tetap dipertahankan. 




  6. Philips CD-i 1991. Philips CD-i (Compact Disc Interactive) adalah CD player multimedia interaktif yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Royal Philips Electronics NV ini kategori perangkat diciptakan untuk menyediakan fungsionalitas lebih dari pemutar CD audio atau konsol game, namun dengan harga yang lebih rendah dari komputer pribadi dengan CD-ROM pada saat itu. Penghematan biaya adalah karena kurangnya hard drive, floppy drive, keyboard, mouse, monitor (televisi standar yang digunakan), dan kurangnya perangkat lunak pada sistem operasi tersebut. Konsol permainan, CD-i format terbukti gagal dalam komersial dan beberapa permainan dianggap sebagai permainan terburuk yang pernah dibuat. Pada tahun 1998, Philips mengumumkan bahwa konsol akhirnya dihentikan. 




  7. HyperCard 1987. HyperCard adalah program aplikasi dan tool pemrograman untuk Apple Macintosh dan Apple IIGS komputer, yang merupakan salah satu pertama sistem hypermedia yang sukses sebelum World Wide Web. HyperCard menggabungkan kemampuan database dengan grafis, fleksibel, user interface yang dimodifikasi. HyperCard juga dilengkapi HyperTalk, bahasa pemrograman untuk memanipulasi data dan user interface. Kombinasi fitur tata letak bentuk yang sederhana, kemampuan database dan kemudahan pemrograman menyebabkan banyak digunakan secara luas dalam berbagai peran yang berbeda. HyperCard awalnya dirilis pada tahun 1987 dengan biaya 49,95 USD dan gratis untuk semua Mac baru yang dijual pada saat itu. Tapi akhirnya HyperCard ditarik dari penjualan pada Maret 2004. 




  8. Digital Audio Tape 1987. Digital Audio Tape (DAT) adalah alat perekam dan pemutaran musik atau suara yang dikembangkan oleh Sony dan diperkenalkan pada tahun 1987. Dengan penampilan sangat mirip dengan Compact Cassette, menggunakan pita magnetik 4 mm tertutup oleh shell pelindung, dengan ukuran 73 mm x 54 mm x 10,5 mm. Seperti namanya, rekaman digital DAT memiliki kemampuan untuk merekam pada tingkat sampling yang lebih tinggi, sama atau lebih rendah dari CD pada 16 bit kuantisasi. Jika sumber digital disalin maka DAT akan menghasilkan klon yang tepat, tidak seperti media digital lain seperti Digital Compact Cassette atau non-Hi-MD MiniDisc, baik yang menggunakan sistem reduksi data lossy. Meskipun dimaksudkan untuk menggantikan kaset audio, formatnya yang tidak pernah diadopsi secara luas oleh konsumen karena masalah beban dan kekhawatiran dari industri musik tentang sahnya salinan kualitas digital, dan lain sebagainya dan akhirnya DAT ini tidak bisa dilanjutkan. 




  9. QUBE 1977, layanan interaktif dari Warner Cable, memainkan peran penting dalam sejarah televisi kabel Amerika. Diluncurkan di Columbus, Ohio pada Desember 1977, QUBE diperkenalkan kepada pemirsa, dan pers internasional, beberapa konsep yang menjadi pusat perkembangan masa depan televisi kabel yakni program berbayar per tayangan, jaringan televisi kabel untuk minat khusus, dan layanan interaktif. Tapi layanan tersebut tidak bertahan lama karena biayanya jauh lebih mahal dibandingkan pendapatannya dari pelanggan. Pada tahun 1983, Warner Cable terlilit hutang sebesar 875 juta USD setelah bermitra dengan American Express.

Tizen Buka Kontes Aplikasi Berhadiah Senilai Rp 40 Miliar

 Sepak terjang sistem operasi yang dikenal dengan nama Tizen di industri mobile nampaknya semakin serius. Hal tersebut dibuktikan dengan dibukanya kontes bernama Tizen App Challenge. Kontes ini merupakan sebuah tantangan bagi para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi terbaiknya untuk penggunaan mobile. Tak tanggung-tanggung, kontes Tizen App Challenge memberikan hadiah uang dengan total $4,04 juta, atau sekitar Rp 40 miliar.


    Kontes Tizen App Challeng sudah dibuka mulai 9 Juli hingga 1 November 2013. Proses penjurian dilakukan mulai 4 November hingga 25 November 2013, dan para pemenang akan diumumkan pada bulan Desember.Total hadiah $4,04 juta ini akan dibagikan kepada 50 pengembang di sembilan kategori berbeda. Kategori game menawarkan keuntungan yang paling besar dengan hadiah utama $200.000, serta $100.000 dan $40.000 untuk dua runner-up. Sementara untuk kategori lain disiapkan hadiah $120.000, $60.000, dan $30.000.Mau ikuti kontesnya silahkan kunjungi www.tizenappchallenge.com .

Aplikasi Blackberry 10 Ramadhan Karya Anak Bangsa Indonesia

Ini dia Aplikasi Blackberry seputar Ramadhan terbaik ciptaan karya anak bangsa Indonesia.Memang smartphone Blackberry menjadi mangsa besar dipasar Indonesia yang laku keras.Pihak Blackberry pun meyakini akan perangkat besutannya menjadi populer di Indonesia.Beberapa aplikasi untuk OS BlackBerry 10 dan versi sebelumnya, merupakan hasil karya pengembang Indonesia.




Aplikasi Blackberry 10 Ramadhan Karya Anak Bangsa Indonesia
1. Sahih Bukhari


     Sahih Bukhari adalah aplikasi yang menyediakan hadist-hadist Imam Bukhari yang dikemas dengan navigasi yang menarik dan mudah digunakan.Aplikasi ini diklaim terdapat 7008 hadist sahih Bukhari. Sehingga umat Islam dapat membacanya dengan nyaman, karena dapat diatur ukuran hurufnya.Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan beberapa hadist ke rekan lainnya melalui media email.Layanan besutan Muhammad Hakim Asyhari ini memerlukan ruang di device sebanyak 2MB. Aplikasi tersedia di App World dengan harga USD0,99

2. Islamic Prayer and Qibla Compass


     Pengguna BlackBerry 10 tidak perlu merasa bingung saat menentukan arah kiblat dan jadwal salat, karena aplikasi Islamic Prayer dan Qibla Compass ini akan membantu penggunanya.Dijual dengan harga USD 0,99, aplikasi ini mirip dengan aplikasi sejenis yang banyak beredar di platform lain.Penunjuk arah berbasis kompas dan jadwal waktu salat dapat disesuaikan azan yang diinginkan, muazin dari Mekkah,Madinah atau Mesir.

3. Tausiah


     Menyejukkan hati dengan tausiah dari para ulama juga dihadirkan dengan mudah melalui aplikasi Tausiah.Aplikasi buatan Developer Ideanesia hadir dalam bentuk kata-kata mutiara dari para ulama dengan Bahasa Indonesia, yang salah satunya diambil dari tweet seperti KH Abdullah Gymastiar.Tausiah bisa di-download secara gratis, dimana pengguna bisa mendapatkan 15 kata-kata penyejuk hati yang diupdate setiap harinya.

4. Marhaban ya Ramadan


     Sambut Ramadan dengan cara yang berbeda, misalnya dengan memasang wallpaper bernuasa Ramadan. Maka aplikasi Marhaban ya Ramadan adalah pilihan yang pas untuk mengkustomisasi dengan beragam wallpaper yang meneduhkan mata. 

5. 25 Nabi dan Rasul


     Kebersamaan dalam keluarga di Bulan Ramadan rasanya pas untuk menceritakan kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul kepada anak.Aplikasi 25 Nabi dan Rasul ini sangat pas untuk di-download. Karena berisi mengenai kisah teladan para utusan Allah dalam membawa ajaran kepada umat.

Kelebihan dan Keunggulan Fitur Dari Playstation4

ArenaTekno - Pihak Sony dihari kemarin telah menghadirkan perangkat gamming baru yakni penerus generasi 3 adalah Playstation 4.Didalam Playstation 4 baru tersebut memiliki banyak fitur gamming terbaru juga dengan disertai teknologi baru membuat Playstation 4 memiliki fitur keunggulan dan kelebihannya.Namun apa sajakah isi didalam Playstation4 tersebut?
 1. Mesin baru di PlayStation 4

     PlayStation 4 sendiri menggunakan kekuatan tenaga prosesor x86 yang biasanya digunakan pada                komputer dan diperkuat dengan RAM 8GB.Dengan sejumlah komponen tersebut, PS 4 dikatakan mampu    menghasilkan grafis yang menakjubkan.

2. Sosial Media
    Selain menyajikan grafis yang menakjubkan, Sony juga menyisipkan kemampuan untuk memungkinkan         pengguna berbagi.Pada kontroler PS4 terdapat 'share button', jadi ketika menekan tombol itu, pengguna       dapat mengirimkan cuplikan permainannnya kepada teman-temannya.PS4 juga terintegrasi dengan jejaring     sosial dan dapat memberikan rekomendasi sejumlah judul game sesuai dengan minat pengguna. Bukan           hanya itu, Sony akan membuka pintu bagi para pengguna mengakses profile PlayStation mereka melalui         smartphone, tablet atau PC.

3. DualShock 4
    Pada PS 4, Sony tidak melakukan perombakan yang cukup signifikan. Kontroler terbaru "DualShock 4"      dilengkapi dengan touchpad pada bagian tengah. Pada bagian bawah terdapat port jack headphone               3.5mm, dan lampu LED strip untuk mengidentifikasi pemain.

4. Koneksi
    PlayStation bisa dikatakan menjadi rencana besar Sony. Menariknya, pengguna dapat memainkan game       PS4 secara streaming di konsol genggam PS Vita.

    Tak cukup sampai di situ, Sony membeli layanan game berbasis cloud, Gaikai, dengan mahar USD380         juta pada Juli 2012. Pembelian ini ternyata bertujuan untuk menggunakan sejumlah teknologi Gakai yang       dapat digunakan pada konsol terbaru Sony.Gaya pakai yang fokus menawarkan layanan game cloud itu,       akan menyediakan sejumlah judul game bahkan yang terdapat pada PS 3 agar dapat dimainkan di PS 4.

5. Kamera
     PS4 dibekali dengan kamera yang dapat melacak objek 3D dan kontrol gerak mirip dengan Microsoft          Kinect Xbox.

6. Ketersediaan game
    Sony telah memiliki sejumlah judul game, di antaranya 'Kill Zone: Shadow Fall, Driveclub, dan The              Witness'. Selain itu Sony juga mengatakan, sejumlah mitra pihak ketiga, termasuk 185 studio game yang         berbeda, siap menyokong berbagai judul game kelas 'top' untuk suksesor PS 3 itu.

9 Smartphone dengan baterai paling tahan lama

Tidak bisa dipungkiri selain fiturnya yang canggih dan multifungsi, pengguna smartphone banyak yang memilih smartphone yang memiliki kemampuan baterai yang tahan lama. Karena dengan baterai yang tahan lama, mereka bisa lebih leluasa untuk menggunakan smartphone untuk menelepon, browsing, chatting dan lain sebagainya. 

Banyak smartphone yang beredar saat ini, tetapi hanya beberapa saja yang memiliki kemampuan baterai tahan paling lama. Berikut 9 Smartphone dengan baterai paling tahan lama :


  1. Lenovo P780. Smartphone ini memiliki baterai Li-ion 4000 mAh, Smartphone ini didukung oleh prosesor quad core Media Tek MT6589, berjalan menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Dengan RAM 1GB, kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 8GB. Perangkat ini memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kamera 1,3 megapiksel dengan fitur tambahan seperti Self Portrait Mirror. Smartphone ini memiliki konektivitas W-CDMA/GSM. 


  2. Huawei Ascend D2. Smartphone yang dirilis di CES 2013. Perangkat ini menggunakan baterai 3000 mAh. Smartphone memiliki waktu stand by selama enam hari di jaringan WCDMA. Didukung oleh prosesor K3V2 1,5 GHz, Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Perangkat ini memiliki RAM 2GB dan dilengkapi dengan memori penyimpanan internal 32GB. Smartphone ini memiliki layar 5 inci dengan teknologi Full High Definition 1080p. Ia juga memiliki kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 1,3 megapiksel. Smartphone ini memiliki konektivitas Wi-Fi dan 3G. Smartphone ini memiliki kelebihan tahan air dan debu. 


  3. Nokia Lumia 920. Smartphone yang dirilis November tahun lalu ini memiliki baterai 2000mAh yang dapat digunakan selama 17 jam waktu bicara dan 400 jam (16 hari) waktu siaga. Prosesor Smartphone ini menggunakan dual core Krait Qualcomm Snapdragon S4 Plus clock 1,5 GHz. Smartphone ini berjalan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 dan memiliki RAM 1024. Kapasitas penyimpanan memori internalnya adalah 32 GB. Layar handset dilengkapi dengan teknologi IPS dan LED, layarnya memiliki ukuran 4,5 inci dan resolusi 1280 x 768 piksel. Memiliki kamera belakang 8,7 megapiksel dan kamera depan 1,3 megapiksel dapat mengambil video dengan kualitas HD 720p. Untuk konektivitas smartphone ini memiliki GPRS, WLAN, EDGE, Bluetooth, NFC dan USB. 


  4. Huawei Ascend Mate 6.1. Smartphone yang memiliki layar besar di CES 2013. Smartphone ini dilengkapi dengan baterai 4050 mAh yang dapat bertahan selama 9 hari atau setara dengan 216 jam. Spesifikasi Smartphone ini terdiri dari prosesor quad-core 1,5 GHz dan menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dengan UI emosional. Memiliki RAM 2040 MB, dan kapasitas penyimpanan internal smartphone 16GB. Perangkat ini memiliki layar sentuh berukuran 6.1 inci dengan teknologi Super IPS dan LCD dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Ada kamera 8 megapiksel di bagian belakang dengan LED dan autofocus dan kamera depan 1 megapiksel. Memiliki konektivitas Wi-Fi, HSDPA, A-GPS. 

  5. iPhone Apple 5. Smartphone menggunakan kapasitas baterai 1440 mAh yang dapat bertahan selama 225 jam waktu siaga dan 8 jam waktu bicara. Smartphone generasi keenam memiliki layar sentuh dan merupakan penerus iPhone 4S. Apple iPhone 5 hadir dengan prosesor dual-core A6 1,3 GHz (diklaim dua kali lebih cepat dari A5), berjalan dengan sistem operasi terbaru iOS 6. Smartphone ini memiliki RAM 1016 MB dan kapasitas penyimpanan internal 16, 32 dan 64 GB. Multi layar sentuh kapasitif memiliki ukuran layar 4 inci dengan resolusi 640 x 1140 piksel dan teknologi LCD IPS. Di sisi belakang terdapat kamera 8 megapiksel dan di depan ada kamera 1,2 megapiksel. Memiliki fitur konektivitas GPRS, EDGE, WLAN, Bluetooth dan USB. 
  6. Motorola RAZR MAXX. Smartphone yang diluncurkan sejak tahun 2012 ini memiliki baterai Li-Ion 3300 mAh. Smartphone ini dapat digunakan untuk menelepon selama 21 jam waktu bicara dan 15 hari waktu siaga. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan didukung oleh prosesor dual core 1,5 GHz. Dikemas dengan RAM 1024 MB, Smartphone ini memiliki kapasitas penyimpanan internal 32 GB dengan dukungan microSD. Layar smartphone ini menggunakan AMOLED, memiliki layar super multi touch 4,3 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Perangkat ini memiliki kamera 8 megapiksel dengan LED, autofokus dan panggilan video dengan kualitas HD 1080p dan kamera depan 1,3 megapiksel. Smartphone ini memiliki fitur GPRS, EDGE, WLAN, Bluetooth, NFC dan USB. 


  7. Google Nexus 4. Smartphone ini dilengkapi dengan baterai 2100 mAh yang dapat bertahan selama 15 jam waktu bicara dan 390 jam (16,2 hari) waktu siaga. Smartphone ini menggunakan prosesor Kkrait 1,5GHz. Nexus 4 berjalan menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Smartphone ini memiliki RAM 2048 MB. Kapasitas penyimpanan internalnya 8GB, hingga 16 GB saja. Smartphone ini dilengkapi dengan multi touch, teknologi layar kapasitif IPS berukuran 4,7 inci dengan resolusi 760 x 1280 piksel. Kamera belakang 8 megapixel dengan LED flash dan autofocus, dan kamera depan 1,3 megapiksel. Pengguna dapat menikmati GPRS, EDGE, WLAN, Bluetooth dan NFC bersama dengan konektivitas USB, sayangnya belum mendukung jaringan LTE.


  8. Samsung Galaxy Note 2. Smartphone Android yang hanya bisa digenggam dengan tangan orang besar dan hanya bisa masuk di kantong besar memiliki fitur high-end. Smartphone ini dilengkapi dengan S Pen yang membantu Anda menyalin teks, gambar dan bahkan berbagi konten. Perangkat ini memiliki baterai Li-Ion 3100 mAh. Pengguna dapat bertahan selama 35 jam waktu bicara, 980 jam (40,8 hari) waktu stand-by-time, dan 16 jam waktu bicara pada jaringan 3G dengan 890 jam (37,1 hari) waktu siaga di jaringan 3G. Didukung oleh prosesor quad-core Exynos 1,6 GHz, Smartphone berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Perangkat ini memiliki RAM 2048 MB dan kapasitas penyimpanan internal berbagai varian sebesar 16, 32 dan 64 GB. Layarnya menggunakan Super AMOLED 5,5 inci dengan kamera belakang 8 megapiksel dan kamera depan 1,9 megapiksel. Fitur konektivitas termasuk GPRS, EDGE, WLAN, Bluetooth, USB dan NFC. 



  9. Lava Xolo B700. Smartphone besutan dari NCR berbasis Lava Internasional di India ini baru saja meluncurkan Xolo B700. Smartphone ini menggunakan baterai 3450 mAh dan dapat digunakan untuk menelepon selama 23 jam dan 380 jam waktu siaga. Smartphone dengan dual SIM ini dilengkapi dengan prosesor dual core 1 GHz dengan PowerVR SGX 531 GPU dan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Dengan RAM 512 MB, memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 4GB yang dapat diupgrade hingga 32GB melalui kartu microSD. Smartphone ini memiliki layar IPS berukuran 4,3 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel, kamera belakang 5 megapiksel dan kamera depan 0,3 megapiksel. Memiliki fitur konektivitas Wi-Fi, Bluetooth dan 3G.

Tips Merawat Smartphone Layar Sentuh

Tips Merawat Smartphone Layar Sentuh.Smartphone yang biasanya dengan kebanyakan menggunakan layar sentuh atau disebut juga touchsreen.Pada smartphone layar kita jika terlihat goresan hanya sedikit nampak akan kelihatan berkurangnya nilai smartphone tersebut.Smartphone dengan touchsreen biasanya dengan digunakan dengan cara hati-hati.Disayangkan jika smartphone kita terjadi kerusakan pada layar jika kita ingin hemat maka perlu untuk merawatnya.Berikut adalah tips untuk merawat smartphone layar sentuh:

  • Jika kita menggunakan smartphone janganlah terlalu keras/menekan saat menyentuhnya.
  • Jauhkan smartphone dari benda-benda yang mengandung unsur magnet seperti televisi, speaker. Karena magnet berpeluang merusak kinerja smartphone. 
  • Hindari layar smartphone bersentuhan dengan keringat atau minyak secara langsung karena menjadi penghantar listrik,saat kita pegang atau sedang makan dengan tangan langung.
  • Simpan smartphone anda dalam kantongnya atau kondom silikon atau juga dompet smartphone untuk menghindari gesekan kain.
  • Jauhkan smartphone dengan suhu panas atau terlalu dingin yang terlalu tinggi seperti kompor, microwave, mesin mobil atau mesin yang panas lainnya. 
  • Lapisi layar dengan screen protector/plastik khusus agar terhindar dari goresan-goresan yang tak terduga. 
  • Jangan menggunakan kuku untuk menyentuh layar agar tak melukai layar atau nantinya akan meninggalkan goresan. 
  • Hindarkan layar dari pancaran sinar matahari secara langsung, karena LCD nya bersifat liquid, jadi kalau terlalu lama terkena sinar matahari akan mempengaruhi kualitas LCD
  • Bersihkan layar menggunakan benda lembut, seperti kain untuk membersihkan kacamata, dan akan lebih baik lagi bila mememakai lap berbahan mikro fiber, karena ini akan mengangkat kotoran atau debu yang menempel pada layar. 
  • Jangan menggunakan hair dryer (pengering rambut) ketika handphone atau gadget anda terendam dalam air atau basah terkena hujan, karena panasnya itu dapat merusak meterial pada layar. 
  • Hindarkan dari tempat yang menekan seperti saku celana yang ketat, karena layar bisa rusak bila sering tertekan. 
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang belum mengerti tentang gadget, karena biasanya fatal akibatnya
  • Dan jauhkan jangkauan dari sifat tangan yang usil karena aka merusaknya 

Tips Memilih Smartphone Android Yang Bagus Untuk Game

ArenaTekno - Banyak sekali dari sebagian orang yang pada dasarnya memiliki hobi bermain game tentu sangat menginginkan smartphone yang mempunyai spek tinggi. Dengan budget/perangkat  yang terbatas tentu hal ini menjadi dilema tersendiri untuk mencari smartphone yang sesuai. Memang saat ini smartphone Android tersedia berbagai macam versi dan varian harga yang berbeda-beda. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan pun cukup menarik. Bagaimana cara memilih smartphone android yang bagus untuk bermain game? Bagi anda yang gemar bermain game Android, dibawah ini mungkin ArenaTekno kasih sedikit tips untuk memilih.

1.Display/ Layar


     Dalam bermain game, tentu semakin besar layar akan semakin baik untuk kenyamanan bermain. Apabila terlalu kecil, terkadang akan mempersulit dalam hal mengontrol permainan dan membuat mata tidak nyaman. Minimal layar standar yang bisa dipilih yaitu 3.7 inch dan lebih baik lagi jika kamu memilih layar dengan ukuran lebih dari 4.0 inch sehingga kalian lebih puas dalam bermain dan pandangan pun akan lebih nyaman.

2.Processor


     Prosesor pada smartphone kalian adalah sebuah inti yang vital. Tanpa prosesor yang mumpuni dismartphone kalian, maka  akan mengalami kesulitan dalam bermain game apapun. Pastikan minimal smartphone yang kalian miliki sudah dilengkapi dengan prosesor Dual Core. Kenapa Dual Core? Seiring dengan perkembangan game mobile pada smartphone kalian, memungkinkan semakin banyaknya game berjenis 3D yang membutuhkan kinerja prosesor yang sangat cepat. Selain itu,  smartphone dengan prosesor minimal Dual Core akan lebih lama bertahan dalam mengimbangi perkembangan jaman game mobile saat ini. Maka dari itu, dengan minimal prosesor Dual Core akan membuat kalian menikmati game-game terbaru dengan nyaman. Bagaimana dengan Quad Core? Akan lebih baik lagi jika kalian memiliki prosesor tersebut , tetapi dengan harga yang harus dibayar lebih mahal maka kalian harus mempertimbangkan hal tersebut.

3.RAM/ Memory


      RAM sendiri mempunyai fungsi dasar untuk mempercepat proses kinerja dari sebuah perangkat. Maka dari itu jika semakin besar RAM, maka akan semakin baik untuk bermain game. Minimal RAM yang harus digunakan dalam bermain game dalam sebuah smartphone adalah 512 MB, Boleh saja jika memilih diatas itu, tetapi dengan harga yang lebih mahal tentunya.

4.Graphic Processing Unit (GPU)


     Ini merupakan hal yang wajib menjadi perhatian kalian. Smartphone yang baik untuk bermain game harus memiliki GPU atau Graphic Processing Unit. Dalam hal ini, GPU akan membantu smartphone kalian dalam memainkan game-game dengan teknologi 3D.

5.Storage


     Storage merupakan sebuah media penyimpanan data yang dalam hal ini dimaksud adalah jika kalian gemar bermain, maka kalian akan membutuhkan kapasitas data penyimpanan yang besar. Selain untuk menyimpan data-data media seperti aplikasi, gambar, video, dan data lainnya yang besar, data game sendiri cukup memakan space storage kalian. Terkadang game sendiri mengharuskan kalian menyimpan datanya pada internal memory. Minimal kalian harus memiliki internal memory sebanyak 1 GB untuk dapat menyimpan beragam jenis permainan.


      Dengan beragamnya jenis-jenis smartphone saat ini, tentunya diperlukan sebuah kebijakan untuk memiihnya. Apabila kalian rajin-rajin untuk mencari, mungkin juga kalian bisa mendapatkan smartphone yang murah dengan spek yang memuaskan.

Hasil Jepretan Foto Lumia 1020 Kamera 41MP Luar Biasa

 ArenaTekno - Nokia baru saja memperkenalkan perangkat Windows Phone 8 terbaru yang bernama Lumia 1020, dimana perangkat ini hadir dengan kamera berkekuatan 41 megapiksel yang sangat luar biasa .Hasilnya memang terlihat sangat jelas dan begitu nyata dengan kemampuan Kamera 41 megapiksel milik Nokia Lumia 1020 ini mampu mengambil photo pada mode 4:3 dengan resolusi maksimal sebesar 7152 x 5368 piksel (38 megapiksel), sedangkan pada mode 16:9 mampu mengambil photo dengan resolusi maksimal sebesar 7728 x 4354 piksel (34 megapiksel). Kamera Lumia 1020 dilengkapi berbagai fitur canggih untuk membantu pengguna menghasilkan photo dengan kualitas terbaik.Mari kita simak hasil jepretan fotonya yang hadir tertampang di situs resmi Nokia.

     Lalu bagaimana dengan kualitas photo yang dihasilkan oleh Nokia Lumia 1020 ini? Setelah memperkenalkan Lumia 1020 secara resmi, Nokia langsung merilis photo-photo hasil jepretannya. Dan berikut ini adalah hasil jepretan Nokia Lumia 1020. Untuk memperbesar photo, anda bisa mengklik pada photo tersebut.




Wow Layar Xperia Z Ultra Bisa Dicorat-coret Dengan Benda Jenis Apapun

ArenaTekno - Ternyata ada yang menarik dari layar sebuah smartphone besutan Sony ini,berbeda dengan smartphone lainnya disisi lain yang terdapat dalam fitur tahan air  Xperia Z juga layarnya bisa digunakan menulis dengan alat tulis yang Extrime seperti pisau.Pasalnya smartphone tersebut dengan ukuran layar 6,4 inci di Xperia Z Ultra tidak hanya mendukung sentuhan jari saja, melainkan semua jenis benda. Semua benda dikatakan mampu digunakan sebagai alat input layar Xperia Z Ultra, termasuk pensil dan pulpen biasa, namun dengan catatan alat tersebut punya diameter lebih dari 1mm.


    Bagi anda pecinta Smartphone Xperia ZR ini tenang saja,bahwa smartphone ini sudah terdaftar di dirjen postel yang akan segera di jual dipasar Indonesia.Nah untuk membuktikannya, situs ePrice asal Hongkong melakukan percobaan dengan menulis di atas layar Xperia Z Ultra menggunakan alat input yang berbeda-beda. Melalui video berikut, diperlihatkan percobaan menulis menggunakan benda berupa kunci, koin, pensil, pulpen, hingga pisau cutter. Hasilnya, benda kunci dan pensil yang terlihat punya ukuran (diameter) agak besar mampu menulis dengan baik. Sementara pisau cutter dengan diameter yang tipis terlihat tidak bekerja di atas layar Xperia Z Ultra.

10 Cara Menjaga Internet Banking Tetap Aman


Bank-bank komersial dunia hampir semua sudah menggunakan layanan Internet banking, termasuk di Indonesia. Dengan tersedianya layanan internet banking nasabah semakin dimanjakan dengan cara menggunakannya dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet. Tapi banyaknya kejahatan di dunia maya, membuat anda harus menjaga berhati-hati agar data dan dana anda tidak diambil alih oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

Banyak tindakan kejahatan cyber yang mengambil dana nasabahnya dengan menggunakan internet membuat nasabah harus berhati-hati dalam menggunakan internet banking. Sebagian orang cenderung mengabaikan beberapa langkah sederhana untuk mengamankan internet bankingnya. Berikut beberapa tips agar internet banking aman dari penjahat cyber : 


  1. Phishing Alert. Phishing adalah kata lain dari penipuan, di mana penipuan mengirim e-mail kepada Anda. E- mail tersebut terlihat otentik, meminta nomor rekening bank, password dan informasi pribadi Anda lainnya. Oleh karena itu anda jangan sembarangan mengklik link yang tidak jelas sumbernya karena ini semacam perangkat yang akan mengambil data-data yang diberikan oleh Anda sendiri, jadi anda harus tetap waspada dengan email yang tidak jelas pengirimnya. 
  2. Jaga Semua Data Rahasia Bank Anda. Jika ada link yang terlihat mencurigakan jangan klik sembarangan, meskipun tampak benar-benar otentik. Dianjurkan untuk membuka situs-situs resmi dari Bank yang anda miliki. Pastikan bahwa Anda tahu semua aturan dan peraturan bank tersebut. Tinggalkan konten yang terlihat mencurigakan. Karena sebagian besar bank tidak akan meminta rincian mengenai detil informasi bank Anda seperti nomor rekening atau password melalui email. 
  3. Ubah Password secara berkala. Mengubah password atau sandi rekening bank secara rutin atau berkala misalnya sebulan sekali atau tiga bulan sekali dengan menggunakan password lama dengan karakter campuran merupakan pilihan yang aman. Atau menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang sulit untuk hack. 
  4. Jangan menggunakan akses WiFi tanpa jaminan keamanan. Penggunaan akses WiFi sebenarnya menyenangkan karena anda bisa menggunakan secara gratis, tetapi saat anda menggunakan internet banking harap berhati-hati karena ada beberapa penyedia jasa WiFi gratis ini bisa apa yang anda buka dan ketik di komputer atau laptop anda. 
  5. Gunakan Icon Kunci. Pastikan bahwa Anda menggunakan situs otentik dan sebelum Anda memasukkan informasi pribadi Anda pada tampilan website untuk pilihan "kunci". Icon ini akan melindungi informasi pribadi dan password Anda juga. Sebuah kunci gembok tertutup atau menunjukkan bahwa situs Anda berada di aman. Saat anda sedang terburu-buru, biasanya kita cenderung melakukan ini sehingga jejak Anda dan diikuti oleh penipuan. 
  6. Memberitahukan Pihak Bank Saat Darurat. Setiap ada kejadian yang darurat seperti anda salah memasukkan password atau kartu ATM anda hilang, dana anda terpotong tiba-tiba, sebaiknya anda segera menelepon pihak bank untuk memblokir kartu tersebut. Atau saat ada mengalami penipuan misalnya anda telah memberikan detil pribadi Anda kepada seseorang yang ternyata bukan dari pihak Bank, sebaiknya anda segera menghubungi pihak bank, dan untuk segera mengubah password atau memblokir layanan internet banking anda. 
  7. Pastikan Anda Log Out Dari Browser Anda. Jika Anda telah masuk ke rekening bank Anda melalui internet banking, Jangan lupa untuk sign out dan mengakhiri sesi tersebut. Hapus pula history atau sejarah browser anda agar transaksi lebih aman. Dengan cara ini anda akan aman menyimpan semua rincian internet banking Anda. 
  8. Jangan memberikan password atau PIN kepada orang lain. Sebaiknya anda jangan memberikan Jangan berikan password atau data internet banking anda pada siapa pun agar datanya aman walaupun itu teman terdekat atau keluarga anda sendiri. 
  9. Hubungi Operator dan Pihak Bank. Jika Anda Menggunakan Smartphone untuk internet banking. Sebaiknya anda segera menghubungi bank anda jika smartphone yang anda gunakan hilang atau dicuri. Selain itu anda juga sebaiknya menginformasikan kepada penyedia layanan internet anda untuk memblokir nomor tersebut. 
  10. Lindungi Dengan Antivirus. Pastikan Anda memperbarui perlindungan antivirus Anda secara teratur baik pada komputer/laptop atau smartphone Anda. Hubungi hardware dan pemasok perangkat lunak anda, atau penyedia layanan Internet untuk memastikan Antivirus terbaru tersebut aman agar keamanan data bank anda lebih terlindungi. Dengan cara ini akan membantu Anda agar lebih aman dan nyaman dalam menggunakan internet banking dimanapun kapanpun. 

Ini Cara Indonesia Cegah Cyber Crime

VIVAnews - Indonesia sebagai salah satu negara anggota International Telecommunication Union (ITU) terus berupaya memberikan kontribusi dalam rangka memberikan keamanan dan pencegahan kejahatan siber (cyber crime) di dunia maya.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi Ashwin Sasongko, Senin 10 Juni 2013 berdasarkan pendekatan teknologi, Indonesia sudah mengeluarkan SNI 27001, yaitu manajemen keamanan informasi yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional.

"SNI 27001 ini menjadi pegangan bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan manajeman keamanan informasi," kata Ashwin pada VIVAnews, di Jakarta.

Tak hanya itu, Ashwin menambahkan, Indonesia pun sudah membentuk tim blocking (pemblokiran) untuk konten-konten yang melanggar peraturan perundang-undangan.

"Ini penting dilakukan. Tidak hanya memblokir konten pornografi, tapi juga memblokir konten download ilegal berdasarkan data-data dari HAKI," tambah Ashwin.

Saat ini, Kominfo juga sudah menggunakan Indeks Saluran Informasi (ISI) untuk melihat keamanan situs-situs milik pemerintah Indonesia.

"Dengan menggunakan ISI, maka kami bisa mengetahui keamanan situs-situs pemerintah. Apabila ada yang kurang dalam hal keamanan, maka kami akan memberitahukan instansi terkait," ujarnya.

Untuk mencegah kejahatan siber di dunia maya, pemerintah merasa perlu peran dari masyarakat dalam hal kesadaran berinternet.

"Ini bukan tugas yang mudah. Kominfo membentuk relawan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK), yaitu masyarakat yang dididik dengan bekal tentang TIK yang sehat," ujar Ashwin.

Di dunia internasional, Indonesia sudah mengusulkan perlu adanya Global Convention on Cyber Security, yaitu suatu kesepakatan bersama untuk menangani keamanan teknologi informasi.

"Aturan pada setiap negara berbeda. Ada aktivitas di sebuah negara dianggap ilegal, tapi di negara lain legal. Untuk itu perlu kesepahaman antar negara supaya tidak terjadi ketegangan antar negara," tutup Ashwin. (umi)

Bisnis Hacker Underground: Jual Rahasia Negara

Jakarta - Dunia hacker bawah tanah kini semakin kelam. Kabarnya mereka sudah mulai menjual data rahasia suatu negara, ke negara lain yang menjadi pesaingnya.

Sebut saja Luigi Auriemma (32 tahun) dan Donato Ferrante (28 tahun). Menurut laporan The New York Times, keduanya menjalankan sebuah perusahaan yang memang secara spesifik menjual data ke negara-negara tertentu.

Data tersebut adalah vulnerabilities sistem yang dipakai suatu negara. Para hacker mengklaim data tersebut masih 'segar' dan belum ditambal, sehingga para calon pembeli bisa menggunakannya untuk menyusup.

Penjualan data seperti itu sejatinya sudah berlangsung cukup lama. Beberapa tahun Auriemma dan Ferrante juga pernah menjual detail kelemahan sistem Apple dan Microsoft.

Seperti dikutip detikINET dari Business Week, Senin (15/7/2013), Amerika Serikat disebut-sebut sebagai negara yang paling sering membeli data soal celah sistem di negara lain, terutama jika itu negara pesaingnya.

Kemudian selain Negeri Paman Sam negara seperti Israel, Inggris, Rusia, India dan Brasil juga diklaim rela menggelontorkan dana besar demi mengetahui celah negara yang mereka incar.

"Pemerintah sudah mulai berfikir: Cara terbaik melindungi negara saya adalah dengan mengetahui kelemahan di negara lain," kata Howard Schmidt, mantan koordinator Cyber Security White House.

Jebakan untuk Pengguna Gadget Apple Meningkat

Jakarta - Kaspersky Lab merilis laporan phishing yang menyimpulkan bahwa, serangan yang didesain untuk mencuri Apple ID meningkat. Bahkan ada situs khusus yang dibuat semirip mungkin dengan apple.com.

Situs tersebut sengaja dibuat untuk mencuri informasi para pengguna perangkat Apple. Saat mengunjungi situs tersebut para pengguna diharapkan untuk login dengan Apple ID mereka. Di sinilah proses pencurian data terjadi.

Dari Januari 2012 hingga Mei 2013, Kaspersky Security Network (KSN) Kaspersky Lab rata-rata mendeteksi 200 ribu percobaan untuk mengakses situs phishing setiap harinya. Pendeteksian dilakukan secara otomatis tiap kali pengguna produk Kaspersky Lab diarahkan ke situs palsu tersebut.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (11/7/2013), Kaspersky menuliskan bahwa peningkatan pendeteksian tersebut rata-rata lebih tinggi dibanding 2011, di mana saat itu hanya mencapai 1000 pendeteksian setiap harinya.

Para pakar Kaspersky Lab yang menganalisis perilaku dan pola kegiatan para penjahat cyber secara harian dan bulanan menemukan bahwa, fluktuasi dan peningkatan percobaan phishing sering kali bertepatan dengan kegiatan besar yang digelar oleh Apple.

Sebagai contoh, pada 6 Desember 2012, tak lama setelah pembukaan toko-toko iTunes di India, Turki, Rusia, Afrika Selatan dan 52 negara lain, Kaspersky Lab mendeteksi rekor tertinggi sepanjang sejarah di mana tercatat 900 ribu percobaan phishing yang diarahkan ke situs palsu Apple hanya dalam satu hari.

Selain itu, serangan phising yang mulai banyak membidik perangkat Apple juga disebabkan karena semakin banyaknya pengguna yang memakai produk racikan vendor asal Cupertino tersebut.

5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat

 


Perang antar negara di era modern tidak semata melibatkan persenjataan berat. Namun juga serangan cyber yang dampaknya tidak bisa dipandang remeh. Beberapa negara memang sangat serius mengembangkan kapabilitas pertahanan maupun serangan cyber-nya. Anggaran besar pun dikucurkan dan para hacker berbakat direkrut. Berikut beberapa negara yang dinilai punya tentara cyber terkuat, seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber.
CHINA
China memang tidak pernah terbuka mengungkap kekuatan tentara cyber-nya. Namun mereka diduga kuat terlibat dalam berbagai serangan cyber skala besar ke negara lain, terutama ke Amerika Serikat.




Misalnya China dituding pernah menyerang sistem komputer AS secara masif di tahun 2002, yang diberi kode nama Titan Rain. Saat itu, China berhasil meraup sekitar 20 terabytes data dari jaringan komputer AS.

Tentara cyber China kabarnya dimobilisasi oleh People's Liberation Army dan juga melibatkan masyarakat sipil. Amerika Serikat sendiri sangat waspada terhadap kekuatan cyber China.

"Dengan begitu majunya kapabilitas operasi cyber China saat ini, mereka bisa menggunakannya untuk melakukan bermacam serangan cyber yang tak bisa dibalas Amerika, bahkan mungkin juga tidak bisa dideteksi," demikian pernyataan US-China Economic and Security Review Commission.
AMERIKA SERIKAT
Amerika Serikat mendedikasikan cukup banyak sumber daya untuk memperkuat kemempuan cyber. Di antaranya, dengan mendirikan United States Cyber Command pada tahun 2009.



Unit tersebut bertanggungjawab mempertahankan AS dari serangan cyber yang sering menerpa mereka dan mempertahankan infrastruktur krusial. Selain itu juga melancarkan serangan ke negara lain jika diperlukan.

AS sendiri mencurigai China sangat banyak melakukan serangan pada mereka sehingga mereka sangat waspada terhadap Negeri Tirai Bambu ini. Meskipun memang belum ada bukti kuat bahwa serangan tersebut disponsori oleh negara, kecuali bahwa asal serangan dipastikan dari China.

Lembaga lain yang terlibat dalam pertahanan cyber AS adalah National Security Agency. Mantan presiden George W Bush pernah menyatakan NSA melancarkan serangan cyber secara terorganisir.
INGGRIS















Inggris juga serius mempersiapkan amunisi perang di dunia maya. Belum lama ini, negeri kerajaan itu mendirikan lembaga khusus bernama Research Institute in the Science of Cyber Security (RISCC).

Organisasi baru ini menghimpun para pakar ilmu sosial, matematika dan ilmu komputer dari berbagai universitas terkemuka di Inggris. Mereka akan bersatu mencari solusi untuk menghadang ancaman cyber yang ditujukan ke Inggris.

Inggris juga sering mengadakan program pelatihan bernama Cyber Security Challenge. Program ini melatih para hacker agar mampu menghadapi tantangan cyber masa depan.
Organisasi intelijen Inggris MI6 juga gencar melakukan serangan cyber. Mereka tercatat pernah membobol website milik Al Qaeda.

INDIA
India juga cukup sering dilanda ancaman cyber. Tak tanggung-tanggung , mereka pun memperkuat diriantara lain dengan melatih sekitar 500 ribu pakar komputer.


"Kami harus melindungi sistem kritikal di pemerintahan maupun di sektor swasta yang penting seperti perbankan dan telekomunikasi," kata Kamlesh Bajaj, Data Security Council of India.

India memang menghadapi berbagai serangan cyber yang cukup masif. Sebagian di antara serangan tersebut berasal dari China.

Tentara cyber India juga cukup aktif melancarkan serangan di saat-saat tertentu. Di antaranya ke Pakistan yang meskipun tetangga dekat, kerap berselisih dengan India.

RUSIA

Sebagai negara kuat, Rusia juga punya kapabilitas cyber yang tidak bisa dipandang remeh. Mereka punya lembaga khusus pertahanan cyber, seperti Russian Cyber Forces.



Tentara cyber Rusia diduga kuat pernah melakukan serangan hebat ke Estonia pada tahun 2008. Ketika itu, website penting di Estonia banyak yang tumbang dan mengganggu jalannya negara.

Anggaran yang disediakan Rusia untuk pertahanan cyber diestimasi sebesar USD 127 juta pada tahun 2008. Tentu jumlahnya meningkat pada saat ini.

Dan setidaknya 7.300 pakar internet dan komputer telah dihimpun untuk memperkuat kapabilitas cyber Negeri Beruang Merah tersebut.

Indonesia akan Memiliki Tentara Cyber

Kejahatan cyber memang semakin meresahkan. Tingginya tingkat penggunaan internet juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya kejahatan di dunia maya. Mungkin kejahatan di dunia maya tidak tampak terlalu mematikan seperti di dunia nyata. Akan tetapi kerugian yang diakibatkannya bisa sangat besar, seperti kejadian beberapa waktu lalu ketika situs Telkom diserang oleh hacker hmei7.

Bagi perusahaan berbasis IT, ini adalah masalah yang serius. Karena itu mereka tidak segan-segan mengeluarkan banyak biaya untuk mengamankan asset mereka dari tangan-tangan jahil para cracker.


Namun bagaimana dengan nasib para pengguna internet lainnya? Mereka tentu juga membutuhkan perlindungan. Meski dunia maya dianggap sebagai dunia yang bebas dan tanpa hukum yang tertulis, namun zona ini juga perlu diamankan dari tindak kriminal yang bisa merugikan banyak pihak. Karena itulah beberapa Negara maju sudah membangun tim khusus yang menangani masalah ini. Menariknya lagi kini Indonesia juga akan membangun tentara cyber.

Tentara Cyber akan Dibangun Melalui Kementrian Pertahanan
Salah satu tugas kementerian pertahanan adalah menjaga keutuhan NKRI. Mengingat perkembangan dunia yang saat ini juga mengacu pada perkembangan dunia maya, maka penting untuk menjaga keutuhan NKRI di dunia maya. Salah satu cara yang sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia itu adalah dengan membangun pasukan tentara cyber.

Serangan cyber yang menyerang Indonesia memang kerap terjadi. Bahkan tiga pekan yang lalu situs Kementerian Pertahanan sempat diretas oleh seorang cracker yang hingga kini masih belum diketahui identitasnya. Karena tidak ingin jadi sasaran serangan para cracker yang tidak bertanggung jawab, maka pemerintah harus mengambil sikap tegas. Untuk itulah muncul wacana untuk memperkuat pertahanan cybernya.

Saat ini Indonesia memang masih belum memiliki Undang-Undang khusus Cyber Defense. Untuk saat ini Indonesia masih menggunakan UU ITE. Untuk memperkuat barisan pertahanan Indonesia guna mempertahankan keutuhan NKRI di dunia maya, maka aturan terkait dengan cyber defense harus segera direalisasikan. Ini adalah satu langkah yang harus segera diambil oleh pemerintah.

Urgensi Pembentukan Undang-Undang Cyber Defense 
Tingkat urgensi pembentukan Undang-Undang Cyber Defense memang sangat tinggi. Jika terlalu lama ditunda maka pemerintah Indonesia akan semakin tertinggal dan akan terasa semakin sulit untuk mempertahankan dirinya sendiri. 

Setelah Undang-Undang terkait dengan cyber defense sudah ada, maka tentara cyber sudah bisa dibentuk. Tentara ini mirip seperti tentara di dunia nyata. Hanya saja mereka dibekali kemampuan khusus terkait dengan seluk beluk dunia maya.
 
 

Jika ada serangan di dunia maya, maka tentara ini bisa menjadi barisan depan dalam menangkis atau bahkan membalas serangan. Sebenarnya tentara cyber ini bukanlah ide baru. China dan Amerika Serikat juga sudah memiliki tentara khusus yang menangani masalah ini. 

Bahkan tentara ini juga telah mengemban misi khusus kenegaraan. Sayangnya belum ada kepastian mengenai kapan tentara ini akan dibentuk. Bahkan sayangnya lagi tentara tersebut tidak akan mungkin terbentuk dalam waktu 3 tahun ini.

Komunitas Cyber Defense Akan Dibentuk di Indonesia

Komunitas cyber defense akan dibentuk di Indonesia.Komunitas itu akan bekerja sama dengan komunitas lain serta menjalin koneksi dengan kalangan industri.

 
Photo courtesy of  http://www.usna.edu
 
Dengan semua itu, akan ada wadah berbagi pengetahuan ataupun informasi dalam menghadapi cyber attack. Technical Manager Cyber Defense Academy, Edwin Nugraha, mengatakan hal itu di Jakarta hari ini.


Ia mengatakan, terkait cyber attack yang terus naikdi Indonesia ataupun dunia, aspek kemampuan sumber daya manusia sangat penting dalam menangkis serangan itu. “Dengansharing knowledge, orang-orangdi komunitas itu akan meningkatkan kemampuan menghadapicyber attack,” kata dia.
Adapun Chief Executive Officer Cyber Defense Academy Ivano Aviandi mengatakan, komunitas itu diisi oleh orang-orang yang sebelumnya menempuh pelatihan di lembaga tersebut. Nantinya, di komunitas itu akan ada berbagai kegiatan. “Selama ini, komunitas seperti itu di Indonesia lebih bersifat under ground. Nah, kalau komunitas bentukan kami ini diisi oleh para profesional teknologi informasi. Khususnya bidang security system,” ujar Ivano.
Lebih lanjut Ivano mengatakan, komunitas tersebut nantinya bisa saja berperan sebagai think thank yang mengeluarkan standardisasisistem keamanan teknologi informasi di Indonesia. “Kita selama ini mengadopsistandardisasi asing. Padahal, Indonesia punya kemampuan untuk membuat standardisasi itu,” kata Ivano.

kasus cyber di indonesia

Perkembangan Internet dan umumnya dunia cyber tidak selamanya menghasilkan hal-hal yang postif. Salah satu hal negatif yang merupakan efek sampingannya antara lain adalah kejahatan di dunia cyber atau, cybercrime. Hilangnya batas ruang dan waktu di Internet mengubah banyak hal. Seseorang cracker di Rusia dapat masuk ke sebuah server di Pentagon tanpa ijin. Salahkah dia bila sistem di Pentagon terlalu lemah sehingga mudah ditembus? Apakah batasan dari sebuah cybercrime? Seorang yang baru “mengetuk pintu” ( port scanning ) komputer anda, apakah sudah dapat dikategorikan sebagai kejahatan? Apakah ini masih dalam batas ketidak-nyamanan
inconvenience ) saja? Bagaimana pendapat anda tentang penyebar virus dan bahkan pembuat virus? Bagaimana kita menghadapi cybercrime ini? Bagaimana aturan / hukum yang cocok untuk mengatasi atau menanggulangi masalah cybercrime di Indonesia? Banyak sekali pertanyaan yang harus kita jawab.

Contoh kasus di Indonesia

Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain . Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua Warnet di Bandung.

Membajak situs web . Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu (1) situs web dibajak setiap harinya. Hukum apa yang dapat digunakan untuk menjerat cracker ini?

Probing dan port scanning . Salah satu langkah yang dilakukan cracker sebelum masuk ke server yang ditargetkan adalah melakukan pengintaian. Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan “port scanning” atau “probing” untuk melihat servis-servis apa saja yang tersedia di server target. Sebagai contoh, hasil scanning dapat menunjukkan bahwa server target menjalankan program web server Apache, mail server Sendmail, dan seterusnya. Analogi hal ini dengan dunia nyata adalah dengan melihat-lihat apakah pintu rumah anda terkunci, merek kunci yang digunakan, jendela mana yang terbuka, apakah pagar terkunci (menggunakan firewall atau tidak) dan seterusnya. Yang bersangkutan memang belum melakukan kegiatan pencurian atau penyerangan, akan tetapi kegiatan yang dilakukan sudah mencurigakan. Apakah hal ini dapat ditolerir (dikatakan sebagai tidak bersahabat atau unfriendly saja) ataukah sudah dalam batas yang tidak dapat dibenarkan sehingga dapat dianggap sebagai kejahatan?
Berbagai program yang digunakan untuk melakukan probing atau portscanning ini dapat diperoleh secara gratis di Internet. Salah satu program yang paling populer adalah “nmap” (untuk sistem yang berbasis UNIX, Linux) dan “Superscan” (untuk sistem yang berbasis Microsoft Windows). Selain mengidentifikasi port, nmap juga bahkan dapat mengidentifikasi jenis operating system yang digunakan.

Virus . Seperti halnya di tempat lain, virus komputer pun menyebar di Indonesia . Penyebaran umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Seringkali orang yang sistem emailnya terkena virus tidak sadar akan hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui emailnya. Kasus virus ini sudah cukup banyak seperti virus Mellisa, I love you, dan SirCam. Untuk orang yang terkena virus, kemungkinan tidak banyak yang dapat kita lakukan. Akan tetapi, bagaimana jika ada orang Indonesia yang membuat virus (seperti kasus di Filipina)? Apakah diperbolehkan membuat virus komputer?

Denial of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDos) attack . DoS attack merupakan serangan yang bertujuan untuk melumpuhkan target (hang, crash) sehingga dia tidak dapat memberikan layanan. Serangan ini tidak melakukan pencurian, penyadapan, ataupun pemalsuan data. Akan tetapi dengan hilangnya layanan maka target tidak dapat memberikan servis sehingga ada kerugian finansial. Bagaimana status dari DoS attack ini? Bayangkan bila seseorang dapat membuat ATM bank menjadi tidak berfungsi. Akibatnya nasabah bank tidak dapat melakukan transaksi dan bank (serta nasabah) dapat mengalami kerugian finansial. DoS attack dapat ditujukan kepada server (komputer) dan juga dapat ditargetkan kepada jaringan (menghabiskan bandwidth). Tools untuk melakukan hal ini banyak tersebar di Internet. DDoS attack meningkatkan serangan ini dengan melakukannya dari berberapa (puluhan, ratusan, dan bahkan ribuan) komputer secara serentak. Efek yang dihasilkan lebih dahsyat dari DoS attack saja.

Kejahatan yang berhubungan dengan nama domain . Nama domain (domain name) digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan dan merek dagang. Namun banyak orang yang mencoba menarik keuntungan dengan mendaftarkan domain nama perusahaan orang lain dan kemudian berusaha menjualnya dengan harga yang lebih mahal. Pekerjaan ini mirip dengan calo karcis. Istilah yang sering digunakan adalah cybersquatting. Masalah lain adalah menggunakan nama domain saingan perusahaan untuk merugikan perusahaan lain. (Kasus: mustika-ratu.com) Kejahatan lain yang berhubungan dengan nama domain adalah membuat “domain plesetan”, yaitu domain yang mirip dengan nama domain orang lain. (Seperti kasus klikbca.com) Istilah yang digunakan saat ini adalah typosquatting.

IDCERT ( Indonesia Computer Emergency Response Team). Salah satu cara untuk mempermudah penanganan masalah keamanan adalah dengan membuat sebuah unit untuk melaporkan kasus keamanan. Masalah keamanan ini di luar negeri mulai dikenali dengan munculnya “sendmail worm” (sekitar tahun 1988) yang menghentikan sistem email Internet kala itu. Kemudian dibentuk sebuah Computer Emergency Response Team (CERT). Semenjak itu di negara lain mulai juga dibentuk CERT untuk menjadi point of contact bagi orang untuk melaporkan masalah kemanan. IDCERT merupakan CERT Indonesia .

Sertifikasi perangkat security . Perangkat yang digunakan untuk menanggulangi keamanan semestinya memiliki peringkat kualitas. Perangkat yang digunakan untuk keperluan pribadi tentunya berbeda dengan perangkat yang digunakan untuk keperluan militer. Namun sampai saat ini belum ada institusi yang menangani masalah evaluasi perangkat keamanan di Indonesia. Di Korea hal ini ditangani oleh Korea Information Security Agency.

Bagaimana di Luar Negeri?

Berikut ini adalah beberapa contoh pendekatan terhadap cybercrime (khususnya) dan security (umumnya) di luar negeri.

•  Amerika Serikat memiliki Computer Crime and Intellectual Property Section (CCIPS) of the Criminal Division of the U.S. Departement of Justice. Institusi ini memiliki situs web <http://www.cybercrime.gov> yang memberikan informasi tentang cybercrime. Namun banyak informasi yang masih terfokus kepada computer crime.

•  National Infrastructure Protection Center (NIPC) merupakan sebuah institusi pemerintah Amerika Serikat yang menangani masalah yang berhubungan dengan infrastruktur. Institusi ini mengidentifikasi bagian infrastruktur yang penting ( critical ) bagi negara (khususnya bagi Amerika Serikat). Situs web: <http://www.nipc.gov>. Internet atau jaringan komputer sudah dianggap sebagai infrastruktur yang perlu mendapat perhatian khusus. Institusi ini memberikan advisory

•  The National Information Infrastructure Protection Act of 1996

•  CERT yang memberikan advisory tentang adanya lubang keamanan (Security holes).

•  Korea memiliki Korea Information Security Agency yang bertugas untuk melakukan evaluasi perangkat keamanan komputer & Internet, khususnya yang akan digunakan oleh pemerintah.

Cool Blue Outer Glow Pointer