Senin, 29 Juli 2013

Imunisasi Cara Paling Aman Untuk Melindungi Kesehatan Bayi Anda

Imunisasi Cara Paling Aman Untuk Melindungi Kesehatan Bayi Anda:

Kesehatan bayi adalah hal utama yang mempengaruhi perkembangan fisik dan mental bayi hingga dewasa. Oleh karenanya semua orang tua pasti berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan bayi, mulai dari pemberian ASI eksklusif, pola makan bergizi seimbang, serta pemberian suplemen vitamin bayi. Tak hanya itu, imunisasi bayi juga merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan bayi yang sangat direkomendasikan serta aman.

Imunisasi berawal dari memasukkan vaksin (bibit penyakit yang sudah dilemahkan) dalam dosis tertentu ke dalam tubuh bayi, yang kemudian memicu munculnya antibodi tubuh bayi terhadap penyakit sejenis vaksin tadi. Apakah dengan memasukkan bibit penyakit merupakan cara yang aman untuk melindungi kesehatan bayi? Dunia medis secara umum menyatakan bahwa imuniasi bayi sangat aman dan efektif dalam melindungi kesehatan bayi. Hal itu didukung sejumlah riset ilmiah dari berbagai pihak dan dilakukan di beberapa negara.

Seperti yang diungkapkan oleh Charles Bankhead dan dikaji ulang oleh Associate Clinical Professor of Medicine, Harvard Medical School. Dikatakan bahwa imunisasi merupakan cara efektif dan aman untuk menjaga kesehatan bayi, dengan syarat diberikan sesuai jadwal serta dengan dosis yang tepat. Imunisasi flu isalnya, jenis vaksin ini terbukti mampu menurunkan secara signifikan jumlah penderita, kecacatan serta kematian akibat pneumonia (penyakit yanhg disebabkan flu berkepanjangan).

Hal tersebut juga menjawab adanya kontroversi bahaya imunisasi bagi kesehatan bayi. Dikatakan bahwa isu tentang bahaya imunisasi selalu muncul dari pihak-pihak yang kurang memahami proses pembuatan dan kualitas vaksin di masa kini. Di sisi lain, imunisasi untuk melindungi bayi bukan berarti menjamin bayi tidak akan terserang penyakit tersebut, tetapi setidaknya akan mengurangi risiko buruk akibat serangan penyakit, misal komplikasi, cacat atau kematian.

The Royal College of Physicians Irlandia juga menyebutkan bahwa efek samping yang muncul pasca pemberian imunisasi bayi, seperti ruam merah dan demam merupakan hal yang wajar. Selain itu, semua vaksin biasanya dibuat dengan standar tertentu dan diberikan berdasarkan rekomendasi resmi pemerintah setempat. Disarankan bagi orang tua untuk bijaksana melihat masalah imunisasi bayi ini, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan imunisasi pada bayi untuk mendapatkan penjelasan yang benar.

sumber

Related Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer