Senin, 29 Juli 2013

Baterai iPhone Boros, Aplikasi Facebook Penyebabnya

Apakah Anda merasa akhir-akhir ini baterai iPhone Anda cepat sekali terkuras habis? Bisa jadi aplikasi Facebook adalah tersangka utamanya. Seperti diungkap dalam postingan blog berbahasa Jerman. Sebastian Duvel, seorang developer mengungkapkan adanya masalah baterry life pada iPhone disebabkan karena aplikasi Facebook, seperti Facebook app dan Facebook Messenger app.

Menurut penuturannya, aplikasi Facebook tersebut akan dijalankan di foreground. Sehingga jika tomobol volume ditekan, aplikasi seketika berhenti namun suspende (aplikasi dalam keadaan sleeping). Jika aplikasi sleeping, maka aplikasi tersebut frzen dan tidak menggunakan CPU, meski kemungkinan besar masih menggunakan memori.
Duvel menyarankan, jika kembali ke aplikasi itu maka proses akan lebih cepat dan stabil karena sistem tidak dimulai dari awal, hanya mengembalikan dari kondisi sleeping saja. Aplikasi bisa dihentikan saat frozen (baik oleh sistem saat memory low maupun oleh user saat menggunakan multitasking switcher, yang secara umum tidak perlu dilakukan).

“Multitasking diberikan sejak rilis iOS 4. Dengan itu maka sebuah aplikasi bisa dijalankan hingga 10 menit setelah ada di background mode. Sayangnya sejumlah aplikasi memanfaatkan celah itu. WahtsApp, contohnya. Saat aplikasi ini seperti sedang tidak berjalan, sebenarnya aplikasi itu masih terus aktif selama 10 menit dan terus berkomunikasi langsung dengan servernya, tidak menggunakan iOS push notification. Hal seperti itu tentu saja menguras baterai.”

Dari penjelasan Duvel di atas, artinya jika Anda menerima pesan WhatsApp dalam timeframe 10 menit seperti yang dimaksud Duvel, lalu Anda membuka WhatsApp, periode 10 menit itu akan dimulai lagi dari awal. Artinya, jika Anda menerima banyak pesan baru bisa jadi WhatsApp aktif sepanjang hari.

Duvel juga menjelaskan beberapa metode serupa yang bisa menguras baterai iPhone Anda:

1. Memutar audio: aplikasi seperti Spotify/Pandora yang terus memutar musik saat Anda melakukan aktifitas lain di iPhone.
2. Aplikasi berbasis lokasi: aplikasi seperti Garmin atau Tomtom yang memberikan fitur navigasi.
3. Newsstand download: aplikasi Newsstand masih bisa download konten baru saat dijalankan di background.
4. Aplikasi VOiP: aplikasi seperti Skype dan lainnya yang memungkinkan Anda menelepon via internet, aplikasi tersebut tetap aktif di background menanti adanya panggilan VOiP untuk Anda.


Lalu bagaimana dengan Facebook apps? Pada dasarnya aplikasi Facebook aktif setiap beberapa menit, menggunakan CPU selama 10 detik lalu kembali ke posisi sleep. Dengan melihat ‘sifat’ aplikasi Facebook yang seperti itu tak heran jika baterai iPhone Anda cepat habis. Bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Duvel, kita bisa dengan mudah uninstall atau delete aplikasi Facebook dari iPhone. Bisa pula keluar dari aplikasi Facebook menggunakan multiasking switcher.

Satu lagi, menurut Duvel, masalah battery life oleh Facebook apps ini tidak hanya terjadi di iPhone tetapi juga ditemukan di iPad. So, jika Anda merasa aplikasi Facebook telah menguras baterai iPhone/iPad Anda, ada baiknya Anda lakukan upaya penyelamatan seperti disarankan oleh Duvel di atas.

Related Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer